Selasa, 26 Mei 2015

Tentang batik dan contoh hasilnya

Batik adalah sebuah proses dalam membuat desain atau corak pada kain. Seniman menggunakan lilin untuk mencegah cairan pewarna agar tidak menembus permukaan kain atau meninggalkan bekas kotor pada kain.
Proses tersebut dilakukan secara berulang agar menghasilkan sesuatu yang indah.
Batik sangat unik karena campuran lilin pada keadaan tertentu akan "kresek" selama proses membatik,sehingga garis warna datang begitu saja pada daerah sebaliknya.
Batik dapat dibuat dengan berbagai jenis pewarna & lilin pada permukaan kapas, sutra dan kain alam lainnya.Kebanyakan dibutuhkan waktu yang banyak untuk bekerja, asalkan lilin menembus semua jalan melalui kain, namun halus akan menghasilkan motif batik terbaik.pada kenyataannaya kain sutralah yang paling sulit untuk diberi motif.
Ahli pembuat batik akan melakukan proses membatik berulang-ulang dan dilakukan secara sabar.Metode ini membutuhkan penguasaan pencampuran warna dan imajinasi dalam memilih warna.Kita tak perlu menjadi seseorang yang ahli dalam batik karena kita semua dapat melakukannya.


tapi perlu diingat saat membatik,Jika Anda memanaskan lilin lebih dari 240 derajat fahrenheit maka dapat menimbulkan asap beracun atau mudah terbakar! 

Bekerja dengan lilin panas di area yang berventilasi dan tidak pernah meninggalkan lilin panas tanpa pengawasan! 

Jika terjadi kebakaran terhadapt lilin,JANGAN memadamkan nyala lilin dengan air! Anda dapat memadamkan api dengan baking soda atau pemadam kebakaran. 
Anda harus dapat mengontrol suhu lilin dengan aman.Kami tidak pernah merekomendasikan menggunakan pot langsung di atas kompor! 
Beberapa orang yang mencoba lilin kedelai baru, yang meleleh pada suhu jauh lebih rendah daripada lilin lainnya, mengurangi kemungkinan kelebihan panas.

Hal tersebut kurang kokoh,terutama pada paparan abu soda, tetapi orang-orang yang berhati-hati dalam bekerja dengan keterbatasan karena merupakan sumber daya terbarukan dan benar-benar tidak beracun, termasuk asap.

berikut adalah contoh gambar baju batik hasil membatik yang sudah jadi :
kemeja batik pria lengan pendek
Sumber : toko baju batik modern kimi kaos

Dibalik indahnya batik terdapat ketekunan dan kehati-hatian seorang pembatik...

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.